Kamis, 17 Mei 2018

Pengertian, Prinsip Kerja, dan Cara Pemasangan Photocell

Pengertian, Prinsip Kerja, dan Cara Pemasangan Photocell - Hallo sahabat Blog Tiga Putra, Pada Artikel kali ini yang berjudul Pengertian, Prinsip Kerja, dan Cara Pemasangan Photocell, kami berusaha mempersiapkan artikel ini dengan sebaik baiknya untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. Semoga isi postingan yang kami tulis ini dapat dengan mudah anda pahami. baiklah, selamat membaca.



Judul : Pengertian, Prinsip Kerja, dan Cara Pemasangan Photocell
link : Pengertian, Prinsip Kerja, dan Cara Pemasangan Photocell

Baca juga


Pengertian, Prinsip Kerja, dan Cara Pemasangan Photocell

Pengertian, Prinsip Kerja, dan Cara Pemasangan Photocell – Semakin dengan berkembangnya zaman, peralatan untuk instalasi listrik pun semakin banyak mengalami perkembangan. Dari yang tadinya menggunakan peralatan sederhana, kini menggunakan alat yang bekerja dengan prinsip serba otomatis. Hal ini dimaksudkan untuk meringankan dan pekerjaan manusia. Salah satu contohnya adalah photocell, nah bagi anda yang belum tahu dan ingin tahu apa itu photocell, berikut adalah penjelasan selengkapnya.
Pengertian, Prinsip Kerja, dan Cara Pemasangan Photocell
Pengertian, Prinsip Kerja, dan Cara Pemasangan Photocell

Pengertian, Prinsip Kerja, dan Cara Pemasangan Photocell Lengkap

Pengertian Photocell

Photocell adalah komponen instalasi listrik yang berisi komponen elektronika dan berfungsi untuk memutus dan menghubungkan arus listrik sesuai dengan cahaya yang diterimanya. Komponen utama yang ada di dalam photocell adalah LDR (Light Dependent Resistor). Dalam proses penggunaannnya, LDR berperan sebagai sensor cahaya yang dapat meningkatkan serta mengurangi resistansi. Photocell banyak digunakan pada lampu jalan yang berada di luar ruangan sehingga dapat menghidupan dan mematikan lampu sesuai dengan kondisi cahaya di lingkungan sekitarnya. Selain itu, Photcell juga bisa digunakan pada lampu di rumah tinggal yang lokasinya berada di luar ruangan. Misalnya lampu teras dan lampu taman.

Cara Kerja Photocell

Cara kerja dari komponen instalasi listrik ini sangatlah sederhana, akan tetapi manfaatnya sangat berguna dalam meningkatkan efisisensi listrik dan mempermudah pekerjaan manusia. Pada saat sensor LDR ini menerima cahaya, maka nilai resistansi atau hambatan akan bertambah besar sehingga dapat memutuskan arus listrik. Pada kondisi ini, photocell berfungsi seperti saklar terbuka (kondisi OFF). Sedangkan pada saat tidak menerima cahaya, misalnya pada malam hari, maka nilai resistansi pada LDR akan mengecil. Akibatnya arus listrik dapat mengalir, dalam kondisi ini photocell dapat diibaratkan seperti saklar tertutup (Kondisi ON).

Cara Pemasangan (Instalasi) Photocell

Cara memasang photcell untuk instalasi lampu sangatlah simpel dah bisa dengan mudah anda lakukan sendiri. Pada photocell terdapat 3 buah kabel yang keluar dan masing-masing harus dihubungkan dengan komponen yang berbeda-beda. Untuk lebih jelasnya, anda bisa memperhatikan gambar di bawah ini :
Cara pemasangan Photocell-min
Cara pemasangan Photocell-min
Terlihat di gambar, kabel berada ujung (hitam) dihubungkan dengan sumber phase (api), kabel yang berada di tengah (putih) dihubungkan dengan sumber netral (nol) serta beban (lampu), dan terakhir, kabel ujung (merah) dihubungakn ke beban (lampu). Keterangan warna kabel : Red = Load, Black = Line, dan White = Netral.
Untuk lebih detail mengenai langkah-langkah pemasangan photocell pada lampu bisa anda simak berikut :
  • Pertama, matikan terlebih dahlu sumber listrik melalui MCB utama yang berada di bawah KWH Meter. Hal ini dilakukan sebagai langkah awal untuk menjamin keamanan saat melakukan pekerjaan pemasangan photocell.
  • Pilih lampu yang akan dikendalikan dengan photocell, lalu buka fittingnya.
  • Di fitting tersebut, anda akan menemukan kabel fasa dan netral. Untuk menentukannya anda bisa melakukan tes menggunakan tespen.
  • Lakukanlah perpangangan pada 3 kabel yang sudah ada pada photocell. Karena sebaiknya anda meletakan photcell tidak di bawah sinar lampu.
  • Lakukanlah penyambungan sesuai dengan gambar yang sudah diberikan di atas. Pastikan anda menggunakan isolasi yang baik untuk menghindari korselting dan risiko lainnya.
Demikianlah informasi kali ini mengenai pengertian, prinsip kerja, dan cara pemasangan photocell. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk pembaca semua.
logoblog

Tidak ada komentar:

Posting Komentar