Kamis, 17 Mei 2018

obat sakit pinggang tradisional dan alami (sebelah kanan dan kiri)

obat sakit pinggang tradisional dan alami (sebelah kanan dan kiri) - Hallo sahabat Blog Tiga Putra, Pada Artikel kali ini yang berjudul obat sakit pinggang tradisional dan alami (sebelah kanan dan kiri), kami berusaha mempersiapkan artikel ini dengan sebaik baiknya untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. Semoga isi postingan Artikel kesehatan, yang kami tulis ini dapat dengan mudah anda pahami. baiklah, selamat membaca.



Judul : obat sakit pinggang tradisional dan alami (sebelah kanan dan kiri)
link : obat sakit pinggang tradisional dan alami (sebelah kanan dan kiri)

Baca juga


obat sakit pinggang tradisional dan alami (sebelah kanan dan kiri)

obat sakit pinggang tradisional dan alami (sebelah kanan dan kiri). -Sakit pinggang merupakan salah satu keluhan yang paling banyak dialami oleh masyarakat dunia, terutama mereka yang menginjak usia 30an. Namun tidak menutup kemungkinan, bila terlalu banyak bekerja, kamu yang masih muda pun dapat mengalaminya.

Obat Sakit Pinggang Tradisional dan Alami (Pinggang Sebelah Kanan dan Kiri)

obat sakit pinggang di sebalah kanan dan kir

Pengertian Penyakit Sakit Pinggang

Pada umumnya, sakit pinggang dibagi menjadi dua jenis, yaitu sakit pinggang akut yang hanya terjadi selama beberapa hari saja, dan sakit pinggang kronis yang bisa terjadi hingga berminggu-minggu, bahkan sampai 3 bulan lamanya. Jelas sangat mengganggu aktifitas harian, seakan-akan ruang gerak kita dibatasi, terkadang untuk berjalan pun terasa sakit.

Penyebab Terjadinya Sakit Pinggang

  • Terjadi infeksi pada ginjal
  • Gangguan pada otot belakang
  • Gangguan pada tulang punggung
  • Faktor keturunan (genetik)
  • Infeksi pada tulang belakang
  • Penyempitan pada tulang belakang (banyak dialami oleh orang dewasa)
  • Cedera yang diakibatkan oleh terjatuh, gerakan tiba-tiba dan mengangkat beban yang terlalu berat

Obat Sakit Pinggang Tradisional dan Alami (Pinggang Sebelah Kanan dan Kiri)

Sebetulnya, kita dapat menemukan berbagai obat pereda nyeri pinggang di apotek-apotek terdekat. Namun, kebanyakan obat-obatan tersebut bersifat sementara dan memiliki efek samping. Oleh karenanya, dalam tulisan ini saya akan menyarankan beberapa obat yang terbuat dari bahan alami dan pengobatan sakit pinggang dengan cara tradisional. Berikut di bawah ini.

Obat Sakit Pinggang Tradisional

obat sakit pinggang dengan bahan alami

1. Akupuntur

Melihat sepintas, pengobatan tradisional dari negri Cina ini terasa menyakitkan, beberapa jarum ditusukan pada tubuh kita. Namun, untuk mengatasi sakit pinggang, baik sebelah kanan atau kiri, sebaiknya kamu memberanikan diri untuk mencobanya. Untuk mendapatkan hasil terbaik, sebaiknya mencoba beberapa kali.

2. Terapi Pijat

Pilihan lainnya adalah dengan terapi pijat, tentunya dilakukan oleh mereka yang mengerti tentang tulang dan otot, fisioterapis profesional. Kekurangannya adalah masa penyembuhan yang sedikit lama, setidaknya 9 sesi pemijatan atau 9 minggu. Namun, banyak orang yang memilih terapi pijat karena dikenal sangat efektif.

3. Terapi Panas

Salah satu cara tradisional yang paling populer adalah terapi panas, yaitu dengan cara memasukan air panas ke dalam sebuah botol dan menempelkannya pada bagian pinggang yang terasa sakit, jangan lupa untuk melapisi botol dengan sehelai kain agar kulit tidak kepanasan.

4. Terapi Dingin

Dengan mudah, cara ini bisa kamu lakukan di rumah, yakni dengan memasukan air es ke dalam kantung plastik tebal, lapisi dengan kain dan tempelkan pada bagian pinggang yang terasa sakit. Jangan pernah mencobanya tanpa pelapis, karena luka bakar dingin bisa memperparah keadaan pinggangmu.

5. Relaksasi

Relaksasi atau bersanatai ria, merupakan cara paling mudah yang bisa kamu lakukan untuk mengobati sakit pinggang, yakni memberikan waktu santai untuk otot, tulang dan pikiran, biarkan mereka beristirahat sepenuhnya. Sebab, sebagian ahli berpendapat bahwa stress dapat memicu terjadinya sakit pinggang.

Obat Sakit Pinggang Alami yang Paling Ampuh

obat sakit pinggang alami

Setelah mengetahui 5 obat sakit pinggang tradisional, sekarang saya akan memberitahumu tentang beberapa jenis obat sakit pinggang alami, yang akan membantu mempercepat proses penyembuhan sakit pinggang. Berikut di bawah ini.

1. Jahe Merah

Selain berguna sebagai obat asam lambung alami, beberapa kandungan alami di dalam jahe bermanfaat juga untuk mengobati sakit pinggang, di antaranya adalah zat shogaol, zingeron dan ginggerol. Berikut merupakan cara membuat ramuan obat sakit pinggang dari jahe.

  1. Sediakan 25 gram temulawak hitam, 30 gram daun mahkota dewa, 30 gram akar sawi dan 25 gram jahe merah (semua dalam keadaan bersih)
  2. Rebus dengan 600 ml air putih
  3. Tunggu hingga air tersisa 300 ml
  4. Minumlah air rebusan dengan rutin (sehari 2 kali, pagi dan sore hari)

2. Temulawak

Temulawak dikenal sebagai tanaman yang memiliki sejuta khasiat untuk kesehatan tubuh, di antaranya adalah obat sariawanobat kolesterol tinggi dan obat sakit pinggang. Kamu dapat mendapatkan temulawak dengan mudah, karena ramuan temulawak sudah banyak beredar di pasaran. Namun, bila berniat membuatnya sendiri, kamu dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Sediakan 1 buah temulawak dan 1segenggam daun kumis kucing yang sudah dibersihkan
  2. Rebus dengan 2 gelas air
  3. Tunggu hingga air menyusut sampai 1 gelas
  4. Minumlah secara rutin (sehari 2 kali)

3. Kumis Kucing

Pilihan selanjutnya adalah menggunakan tanaman kumis kucing yang berperan sebagai pereda nyeri pada pinggang. Berikut adalah 2 pilihan penyajian kumis kucing untuk mengobati sakit pinggang, baik sebelah kanan atau sebelah kiri.

Cara 1:

  1. Sediakan 5 gram tanaman kumis kucing yang sudah dibersihkan
  2. Rebus dengan 2 gelas air
  3. Tunggu hingga air tersisa 1 gelas
  4. Minumlah air rebusannya secara rutin (sehari 1 kali)

Cara 2:

  1. Sediakan 7 helai kumis kucing dan 2 potong akar kumis kucing
  2. Rebus dengan air 1 gelas
  3. Tunggu hingga air benar-benar mendidih
  4. Minumlah air rebusan tersebut selagi hangat

4. Bawang Putih

Selain berguna sebagai obat sakit gigi alami, bawah putih pun dapat kita andalkan untuk mengatasi sakit pinggang. Ramuan ini bekerja dari luar, kita dapat membuatnya sebagai obat oles. Berikut merupakan cara mengobati sakit pinggang dengan ramuan bawang putih.

  1. Sediakan 80 gram jahe merah, sedikit bubuk cabe dan 100 gram bawang putih
  2. Rendam ketiga bahan tersebut dengan alkohol 75 persen selama 14 hari (permentasi)
  3. Bentuknya yang menyerupai pasta bisa kamu oleskan pada bagian pinggang yang terasa nyeri

5. Bawang Merah

Seperti halnya bawang putih, bawang merah pun bisa diandalkan untuk mengobati sakit pinggang yang kadang sangat merepotkan. Namun perlu kamu ketahui bahwa mengkonsumsi bawang merah secara berlebihan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh (baca: efek samping bawang merah). Cara membuat ramuan dari bawang merah adalah sebagai berikut.

  1. Sediakan jahe merah dan bawang merah yang sudah dibersihkan
  2. Rebus dengan 2 gelas air
  3. Tunggu hingga air tersisa setengahnya
  4. Kamu dapat meminum air rebusan selagi hangat

6. Daun Kemangi

Selain berfungsi sebagai penambah aroma sedap pada setiap masakan, berbagai kandungan alami yang terdapat di dalam daun kemangi dapat kamu andalkan untuk obat batuk berdahak alami dan mengatasi sakit di bagian pinggang. Caranya?.

  1. Siapkan 10 daun kemangi yang telah dicuci bersih
  2. Rebus dengan 2 gelas air
  3. Tunggu hingga air menyusut sampai tersisa setengahnya
  4. Tambahkan sedikit garam
  5. Minum air rebusan daun kemangi dengan rutin (sehari 1 gelas)
  6. Bila kondisimu parah, maka dosisnya bisa ditambah menjadi 2 gelas per hari

7. Susu Murni Segar

Tanpa campuran apapun, susu murni segar merupakan sumber kalsium yang sangat tinggi, sehingga mampu menjaga kepadatan dan kesehatan tulang. Pada akhirnya, dengan mengkonsumsi susu murni segar setiap pagi, maka tulang pinggangmu akan berangsunr-angsur membaik.

8. Buah Mangga

Selain rasanya yang enak dan segar, buah mangga dapat kita andalkan sebagai obat sakit pinggang tradisional dan alami. Sebab, berbagai kandungan di dalamnya mampu membuat tulang dan sendi lebih sehat. Caranya cukup mudah, yaitu memakannya langsung atau dibuat jus terlebih dahulu.

9. Akar Ilalang

Tanaman lainnya adalah akar ilalang, kamu dapat mengolahnya menjadi obat herbal sakit pinggang. Caranya adalah sebagai berikut di bawah ini.

  1. Sediakan akar ilalang secukupnya
  2. Rebus, hingga air benar-benar mendidih
  3. Minumlah air rebusan tadi secara rutin (sehari 2 kali)

10. Daun Mahkota Dewa

Daun mahkota dewa dikenal sebagai tanaman yang memiliki banyak khasiat untuk kesehatan, di antaranya adalah sebagai obat alami untuk menghilangkan jerawat dan meredakan sakit di area sekitar pinggang. Berikut merupakan cara mengobati sakit pinggang dengan daun mahkota dewa.

  1. Sediakan daun mahkota dewa, temulawak, akar sawi langit dan jahe merah
  2. Rebus semua bahan dengan 2 gelas air
  3. Tunggu hingga air menyusut sampai setengahnya
  4. Minum ramuan daun mahkota dewa secara rutin (setiap hari, diminum selagi hangat)

Demikian adalah kumpulan obat sakit pinggang yang terdiri dari 5 macam obat sakit pinggang tradisional dan beberapa jenis obat sakit pinggang alami. Bila kamu merasa bahwa tulisan ini sangat bermanfaat untuk orang-orang di sekelilingmu, sebaiknya bantu saya dengan membagikan tulisan ini di sosial media kesayanganmu. Caranya dengan menekan tombol sosial media yang tersedia di atas
logoblog

Tidak ada komentar:

Posting Komentar