Selasa, 15 Mei 2018

Obat Asam Urat Alami, dari Tumbuhan, Buah-Buahan dan Tanaman, Serta Cara Membuatnya

Obat Asam Urat Alami, dari Tumbuhan, Buah-Buahan dan Tanaman, Serta Cara Membuatnya - Hallo sahabat Blog Tiga Putra, Pada Artikel kali ini yang berjudul Obat Asam Urat Alami, dari Tumbuhan, Buah-Buahan dan Tanaman, Serta Cara Membuatnya, kami berusaha mempersiapkan artikel ini dengan sebaik baiknya untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. Semoga isi postingan Artikel kesehatan, yang kami tulis ini dapat dengan mudah anda pahami. baiklah, selamat membaca.



Judul : Obat Asam Urat Alami, dari Tumbuhan, Buah-Buahan dan Tanaman, Serta Cara Membuatnya
link : Obat Asam Urat Alami, dari Tumbuhan, Buah-Buahan dan Tanaman, Serta Cara Membuatnya

Baca juga


Obat Asam Urat Alami, dari Tumbuhan, Buah-Buahan dan Tanaman, Serta Cara Membuatnya

Obat asam urat alami dari tumbuhan, buah-buahan dan tanaman. -Asam urat merupakan sebuah kondisi yang mana seseorang yang mengalaminya akan merasakan pembengkakan, rasa nyeri dan sensasi panas pada persendiannya. Meskipun asam urat dapat menyerang seluruh persendian di dalam tubuh, namun sendi yang paling sering diserang adalah pergelangan kaki, lutut, jari-jemari di kaki dan tangan.

Sedangkan, dibanding perempuan, seorang laki-laki lebih rawan dihampiri penyakit asam urat, terlebih mereka yang menginjak usia 30 tahun ke atas. Asam urat biasanya timbul setelah menopuse.


Obat Asam Urat Alami, dari Tumbuhan, Buah-Buahan dan Tanaman, Serta Cara Membuatnya

Sebelum mengetahui beberapa obat asam urat yang terbuat dari bahan alami, untuk membedakan antara penyakit rematik dan asam urat, ada baiknya apabila kamu mengetahui terlebih dahulu informasi tentang penyebab dan gejala asam urat. Ulasannya sudah saya siapkan di bawah ini.

Gejala Asam Urat

Pada umumnya, seseorang yang mengalami penyakit asam urat akan merasakan kesakitan pada persendian secara seketika, perkembangannya terjadi sangat cepat, hanya dalam tempo beberapa jam saja. Kesakitan tersebut akan diiringi dengan gejala-gejala lain, termasuk sensasi panas, pembengkakan dan kulit yang melapisi sendi berwarna kemerahan.

Meskipun gejala di atas bisa muncul di setiap waktu, namun sangat sering terjadi di malam hari. Terkadang, saking hebatnya rasa nyeri yang ditimbulkan, orang yang mengalami asam urat tidak mampu berjalan sama sekali. Pada umumnya, nyeri yang disebabkan asam urat berlangsung selama 3-10 hari.

Penyebab Asam Urat

Sejatinya, asam urat disebabkan oleh senyawa kristal yang menusuk persendian. Kristal tersebut terbentuk oleh zat-zat asam urat yang menumpuk. Sedangkan, penumpukan zat-zat asam urat diakibatkan oleh;

  • Terlalu banyak mengkonsumsi daging merah, hidangan laut dan jeroan
  • Mengkonsumsi alkohol
  • Faktor genetik
  • Diabetes, ginjal kronik, hipertensi dan obesitas

3 Tanaman Obat Asam Urat


tanaman obat asam urat

1. Kumis Kucing

Mungkin kamu sudah mendengar tentang khasiat tanaman kumis kucing yang mampu menghancurkan batu ginjal. Namun, nyatanya kumis kucing juga merupakan tanaman obat asam urat yang ampuh. Kamu dapat menemukan tanaman ini dengan mudah, karena kumis kucing biasa tumbuh di pinggir sungai atau selokan.

Zat diuretik dan orthosiphonin glikosida yang terkandung dalam kumis kucing mampu mengeluarkan zat asam urat melalui urin. Serta, tanaman ini mengandung zat sinsetin yang dapat membantu dalam pencegahan infeksi dan peradangan pada saluran kemih. Caranya?.

  1. Bersihkan beberapa helai tanaman kumis kucing
  2. Rebus di dalam air yang mendidih
  3. Minumlah air rebusan tersebut secara teratur (2 kali sehari)

2. Sambiloto

Meskipun berasal dari India, namun tanaman Sambiloto dapat tumbuh subur di tanah Indonesia. Daun pada tanaman satu ini sudah sangat populer sebagai obat asam urat alami. Sebab, berbagai kandungan di dalamnya mampu membantu menghilangkan zat asam urat, termasuk keton, aldehid, flavanoid, alkane dan beberapa mineral penting. Caranya?.

  1. Pisahkan daun sambiloto dari batangnya
  2. Bersihkan daunnya
  3. Rebus di dalam air yang mendidih
  4. Minumlah air rebusan tersebut secara rutin

3. Tanaman Obat Asam Urat Sidugari

Sidugari merupakan tanaman obat yang sangat mudah ditemukan, kamu dapat menemukannya tumbuh bersama rerumputan. Sifat diuretik dan kandungan zat alkaloid ephedrine yang terdapat pada tanaman sidugari memiliki berbagai khasiat, di antaranya adalah meningkatkan stamina, menyembuhkan peradangan pada saluran kencing dan membantu meredakan asam urat. Caranya?.

  1. Bersihkan tanaman sidugari
  2. Rebuslah sidugari bersama bijinya
  3. Minumlah air rebusan tersebut secara rutin (2 kali sehari)

4 Jenis Buah Untuk Obat Asam Urat


buah untuk obat asam urat

1. Ceri

Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2012 membuktikan bahwa kandungan zat antioksidan yang terdapat pada buah ceri mampu mencegah produksi zat asam urat yang berlebihan. Selain itu, buah ceri juga mengandung zat anthocyanin yang bermanfaat untuk mengurangi peradangan dan mengikis resiko kambuhnya asam urat di masa mendatang. Cara membuatnya?.

  • Kamu dapat memakan langsung buah ceri, 15-20 buah setiap hari
  • Atau, membuat jus ceri yang diminum setiap hari

2. Pisang

Kita tahu bahwa buah pisang memiliki berbagai kandungan yang sangat baik untuk tubuh, termasuk di antaranya adalah zat kalium dan vitamin C yang sangat membantu bagi passien pengidap asam urat. Faktanya, kandungan vitamin C yang tinggi dapat mengatasi peradangan yang dialami penderita asam urat dan kandungan kalium mampu mencairkan kristal asam urat, sehingga dengan mudah tubuh dapat mengeluarkannya melalui urin.

Sangat dianjurkan bagi para penderita penyakit asam urat untuk memakan buah pisang, 1-2 buah pisang pada setiap harinya.

3. Buah Aple untuk Obat Asam Urat

Pada tahun 2005, Arthritis and Rheumatism menerbitkan sebuah jurnal yang memaparkan bahwa kandungan vitamin C di dalam buah apel dapat membantu para penderita asam urat, fungsinya sebagai pereda nyeri dan mencegah asam urat terjadi kembali (kambuh).

Selain itu, buah apel juga mengandung zat asam malat yang mampu membantu tubuh untuk menetralkan zat asam urat dan mengatasi peradangan sendi.

Sedangkan, menurut ahli dari University of Pittsburgh Medical Center, buah apel sangat bagus dikonsumsi oleh penderita asam urat. Sebab, buah apel memiliki kandungan purin yang sangat rendah, hanya 50 mg dari 100 gram apel. Purin sendiri merupakan zat yang tidak boleh dikonsumsi para penderita asam urat secara berlebihan.

Buat kamu yang mengalami gejala asam urat atau menderita asam urat, sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi buah apel secara rutin, 2-4 buah setiap hari.

4. Lemon

Selain rasanya yang masam, lemon juga dikenal sebagai buah yang sangat kaya akan kandungan vitamin C. Sehingga, apabila dikonsumsi dengan rutin, buah lemon dapat membantu untuk menetralkan zat asam urat yang berada dalam aliran darah. Cara membuatnya?.

  1. Buatlah jus lemon seperti pada umumnya
  2. Campur jus lemon dengan baking soda
  3. Biarkan selam beberapa saat, hingga sodanya menghilang
  4. Minumlah secara rutin

Obat Asam Urat Alami dari Tumbuhan dan Cara Membuatnya


obat asam urat yang terbuat dari tumbuhan

1. Jahe

Sebuah studi yang dilakukan oleh Annals of Biological Research melaporkan bahwa jahe mengandung zat shogaol dan gingerols yang sangat efektif untuk mencegah dan mengatasi gejala peradangan yang terjadi pada penderita penyakit asam urat. Ada 3 pilihan dalam cara pembuatannya.

  1. Potong jahe hingga ukuran kecil-kecil, rebus hingga airnya mendidih, kemudian minumlah air rebusannya secara rutin (2 kali sehari)
  2. Kamu dapat menambahkan jahe ke dalam setiap menu masakanmu, setiap hari
  3. Tumbuklah jahe hingga terlihat seperti pasta, kemudian kamu dapat mengoleskan pasta jahe tersebut pada bagian kulit yang melapisi persendian yang terasa sakit

2. Obat Asam Urat Alami dari Tumbuhan Brotowali dan Cara Membuatnya

Brotowali sangat terkenal dengan rasanya yang sangat pahit dan khasiatnya yang sangat banyak, merupakan salah satu tumbuhan untuk obat asam urat alami yang sangat ampuh. Selain itu, brotowali juga dapat menurunkan kolesterol. Bagaimana cara pembuatannya?.

  1. Rebuslah daun brotowali yang sudah dibersihkan
  2. Tunggu sampai airnya benar-benar mendidih
  3. Saring untuk mengambil airnya
  4. Minumlah dengan rutin (2 kali sehari)

3. Cara Membuat Obat Asam Urat dari Daun Salam

Selain berfungsi sebagai pelengkap bumbu dapur, daun salam juga bermanfaat untuk mengobati penyakit asam urat. Sebab, kandungan zat tanin, flavanoid dan minyak atsiri yang terdapat pada daun salam sangat efektif untuk meredakan nyeri yang diderita akibat penyakit asam urat. Bagaimana cara membuat obat asam urat dari daun salam?.

  1. Rebuslah daun salam yang sudah dibersihkan
  2. Tunggu sampai benar-benar mendidih
  3. Saring untuk mengambil airnya
  4. Minumlah secara rutin (1-2 kali sehari)

4. Teh Hijau

Teh hijau sangat membantu bagi penderita asam urat. Sebab, teh hijau memiliki beberapa kandungan yang penting di dalamnya, di antaranya adalah vitamin C, vitamin E, polifenol dan epigallocatechin-3-gallate. Kandungan-kandungan ini memiliki kemampuan untuk mencegah mengkristalnya zat asam urat, bertindak sebagai antiinflasi dan mencegah terjadinya peradangan sendi. Bagaimana cara membuatnya?.

Sangat mudah, kamu dapat membuatnya sebagaimana membuat minuman teh pada umumnya

Baca juga;


Demikian adalah informasi seputar penyakit asam urat yang meliputi gejala asam urat, penyebab asam urat, 3 tanaman obat asam urat, 4 jenis buah-buahan untuk obat asam urat dan 4 jenis obat asam urat alami yang terbuat dari tumbuhan. Bila kamu merasa bahwa tulisan ini bermanfaat untuk orang-orang di sekelilingmu, sebaiknya bantu saya dengan mengirimkannya di berbagai medsos kesayanganmu.
logoblog

Tidak ada komentar:

Posting Komentar