Rabu, 16 Mei 2018

Cara Mengukur Arus AC Menggunakan Tang Ampere

Cara Mengukur Arus AC Menggunakan Tang Ampere - Hallo sahabat Blog Tiga Putra, Pada Artikel kali ini yang berjudul Cara Mengukur Arus AC Menggunakan Tang Ampere, kami berusaha mempersiapkan artikel ini dengan sebaik baiknya untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. Semoga isi postingan yang kami tulis ini dapat dengan mudah anda pahami. baiklah, selamat membaca.



Judul : Cara Mengukur Arus AC Menggunakan Tang Ampere
link : Cara Mengukur Arus AC Menggunakan Tang Ampere

Baca juga


Cara Mengukur Arus AC Menggunakan Tang Ampere

Cara Mengukur Arus AC Menggunakan Tang Ampere – Tang ampere (clamp meter) adalah alat yang berfungsi untuk mengukur arus listrik pada sebuah kabel penghantar yang dialiri arus listrik. Dapat digunakan untuk mengukur arus listrik AC dan DC. Harga tang ampere juga bervariasi dan merk nya pun sangat beragam di pasaran. Seperti tang ampere merk Sanwa, Krisbow, Fluke, dan Kyoritsu. Sama seperti multimeter, tang ampere juga dapat digunakan untuk mengukur besaran-besaran listrik lainnya, seperti tegangan dan hambatan. Meski fungsi tang ampere sama dengan fungsi multimeter, Namun cara menggunakan tang ampere/clamp meter ini berbeda dengan cara menggunakn multimeter/avometer. Nah, bagaimanakah cara menggunakannya? Berikut adalah tutoral selengkapnya.


Cara Mengukur Arus AC Menggunakan Tang Ampere
Cara Mengukur Arus AC Menggunakan Tang Ampere

Cara Mengukur Arus AC Menggunakan Tang Ampere

Pada percobaan kali ini, kami mencoba untuk mengukur arus AC yang mengalir pada kabel stop kontak yang digunakan untuk menyalakan sebuah lampu pijar. Jadi, jika anda ingin mencobanya di rumah, maka siapkanlah bahan bahan berikut.

Alat dan bahan

  1. Stop kontak
  2. Fitiing
  3. Lampu pijar 50 watt.
  4. Tang ampere (clamp meter) digital

Langkah-langkah Mengukur Arus AC Menggunakan Tang Ampere Digital

  1. Pasanglah lampu pada fitting tusuk lalu hubungkan ke stop kontak. Kemudian hubungkan stop kontak ke sumber listrik.
  2. Aturlah atau putar selector pada tang ampere digital ke 40 A.
  3. Tekan tombol select untuk memilih arus listrik AC (bolak-balik).
  4. Tekan triger untuk membuka rahang tang ampere lalu jepitkan pada kabel penghantar stop kontak yang teraliri arus listrik.
  5. Baca hasil pengukuran dengan melihat angka yang tertera pada layar tang ampere.
Pada tang ampere tersebut menampilkan angka 0,23 A. Jadi arus listrik yang mengalir pada penghantar dan lampu tersebut adalah sebesar itu. Jika hasil pengukuran tersebut dikalikan dengan 220 V (tegangan sumber) maka hasilnya akan sama atau mendekati daya listrik lampu. Mari kita buktikan!
Daya lampu = V x I
= 220 Volt x 0,23 Ampere
= 50,6 Watt
Untuk lebih jelas mengenai cara penggunaan tang ampere, anda bisa menonton video berikut ini :

Prinsip dan Cara Kerja Tang Ampere

Mungkin anda penasaran mengenai bagaimana prinsip kerja yang digunakan oleh tang ampere. Mungkin anda juga bertanya-tanya bagimana arus listrik bisa terbaca sedangkan alat ukur itu sendiri tidak mengalami kontak langsung dengan arus yang mengalir. Nah, berikut adalah penjelasan selengkapnya.
Jadi, pada dasarnya, tang ampere menggunakan prinsip kerja induksi magnetik supaya dapat terjadi pengukuran tanpa kontak saat mengukur arus listrik AC. Arus listrik yang mengalir pada sebuah kabel penghantar akan menghasilkan medan magnetik dengan fluktasi yang dinamis dan sebanding dengan besarnya arus listrik yang lewat. Pada tang ampere (clamp meter) terdapat sebuah transformator yang mampu merasakan fluktasi magnet tersebut yang kemudian besarnya dikonversi menjadi nilai yang tertera pada layar tang ampere.
Dengan adanya tang ampere, kita tidak perlu mengupas isolasi penghantar sebelum melakukan pengukuran. Sehingga sangat aman bahkan untuk arus AC yang nilainya tinggi sekalipun. Demikianlah informasi yang dapat kami berikan kali ini tentang cara mengukur arus AC menggunakan tang ampere (clamp meter), semoga bermanfaat. 

Sumber: tekniklistrik.com
logoblog

Tidak ada komentar:

Posting Komentar