Senin, 13 Agustus 2018

Apa itu gpio ( General-purpose input/output )

Apa itu gpio ( General-purpose input/output ) - Hallo sahabat Blog Tiga Putra, Pada Artikel kali ini yang berjudul Apa itu gpio ( General-purpose input/output ), kami berusaha mempersiapkan artikel ini dengan sebaik baiknya untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. Semoga isi postingan Artikel DEBIAN, Artikel elektronika, Artikel jaringan, Artikel KELAS XI TKJ, Artikel komputer/gadget, Artikel LINUX, Artikel PRODUKTIF KREATIF, Artikel PROGRAMING, yang kami tulis ini dapat dengan mudah anda pahami. baiklah, selamat membaca.



Judul : Apa itu gpio ( General-purpose input/output )
link : Apa itu gpio ( General-purpose input/output )

Baca juga


Apa itu gpio ( General-purpose input/output )


General-purpose input/output (GPIO) adalah pin generik pada sirkuit terpadu (chip) yang perilakunya (termasuk apakah pin itu input atau output) dapat dikontrol (diprogram) oleh pengguna saat berjalan.
Pin GPIO tidak ditetapkan untuk tujuan khusus dan secara default tidak digunakan. Ide dibalik GPIO adalah untuk memenuhi sistem integrator dalam memperluas dan membangun sistem lengkap yang membutuhkan pin tambahan dari chip berupa sinyal kontrol ataupun data. Adanya konektor (pin) yang tersedia dari chip dapat menghemat kerumitan saat mengatur sirkuit tambahan.
Pada dasarnya hampir semua single-boar computer menyediakan GPIO untuk ekspansi disambungkan ke modul atau komponen lainnya. Papan sirkuit embedded seperti Arduino, BeagleBone, Raspberry Pi dan lainnya, seringkali memanfaatkan GPIO untuk membaca data atau sinyal dari berbagai sensor lingkungan seperti IR , video, suhu, orientasi 3 dimensi, percepatan dan sebagainya, disamping untuk menulis atau mengirim data melalui output ke motor DC (melalui modul PWM), audio, display LCD, atau lampu LED.

Jadi intinya GPIO adalah pin input/output yang dapat kita kontrol .
Entah sebagai input atau sebagai output.
logoblog

Tidak ada komentar:

Posting Komentar