Kamis, 05 April 2018

Penggunaan switch case pada arduino

Penggunaan switch case pada arduino - Hallo sahabat Blog Tiga Putra, Pada Artikel kali ini yang berjudul Penggunaan switch case pada arduino , kami berusaha mempersiapkan artikel ini dengan sebaik baiknya untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. Semoga isi postingan Artikel Arduino, Artikel elektronika, Artikel sketch arduino, yang kami tulis ini dapat dengan mudah anda pahami. baiklah, selamat membaca.



Judul : Penggunaan switch case pada arduino
link : Penggunaan switch case pada arduino

Baca juga


Penggunaan switch case pada arduino


Switch – case digunakan untuk membandingkan suatu variabel dengan beberapa konstanta. Konstanta diawali dengan “case” dan setiap blok case diakhiri dengan “break”. Jika nilai variabel sama dengan suatu konstanta, maka pernyataan yang ada pada blok tersebut akan dieksekusi dan jika variabel tidak ada yang sama dengan konstanta – konstanta yang ada maka pernyataan pada blok “default” yang akan dieksekusi. Blok “default” adalah opsional artinya boleh ada boleh juga tidak.
Pada contoh program, pada mulanya program akan melakukan deklarasi yaitu :
int pininput = 1;
int pinoutput1 = 2;
int pinoutput2 = 3;
int pinoutput3 = 4;
int pinoutput4 = 5;
deklarasi ini menyatakan bahwa kata “pininput” identik dengan pin1 terminal arduino, sedangkan kata-kata “pinoutput1, pinoutput2, pinoutput3 dan pinoutput4” berturut-turut identik dengan pin2, pin3, pin4 dan pin5 terminal arduino.
Selanjutnya program melakukan pengaturan yaitu :
void setup()
{
pinMode(pininput,INPUT);
pinMode(pinoutput1,OUTPUT);
pinMode(pinoutput2,OUTPUT);
pinMode(pinoutput3,OUTPUT);
pinMode(pinoutput4,OUTPUT);
}
Pada blok ini mikrokontroler akan mengatur “pininput” (pin1 arduino) sebagai pin input dan berturut-turut “pinoutput1” (pin2 arduino), “pinoutput2″ (pin3 arduino),” pinoutput3″ (pin4 arduino) dan “pinoutput4” (pin5 arduino) sebagai pin output.
Selanjutnya program utama yaitu :
void loop()
{
switch (pininput)
{case 1:
digitalWrite(pinoutput1,HIGH);
 break;
         case 2:
digitalWrite(pinoutput2,HIGH);
 break;
 case 3:
digitalWrite(pinoutput3,HIGH);
 break;
 default :
digitalWrite(pinoutput4,HIGH);
 break;}
}
Program utama ini akan berulang terus menerus. Perintah switch akan membandingkan variabel “pininput” dengan beberapa konstanta atau sama saja membandingkan data masukan pada pin1 arduino dengan beberapa konstanta. Jika “pininput” bernilai sama dengan 1 maka “pinoutput1” akan diperintahkan untuk bernilai tinggi (HIGH) atau memberikan tegangan 5V, jika “pininput” bernilai sama dengan 2, maka “pinoutput2” akan bernilai tinggi, jika “pininput” bernilai sama dengan 3 maka “pinoutput3” yang akan bernilai tinggi dan jika nilai “pininput” tidak ada yang sama dengan ketiga konstanta, maka perintah dalam blok “default” yang akan dijalankan yaitu “pinoutput4” yang akan bernilai tinggi. Perintah “break” akan mengulang program
logoblog

Tidak ada komentar:

Posting Komentar