Sabtu, 19 Agustus 2017

Pin digital arduino

Pin digital arduino - Hallo sahabat Blog Tiga Putra, Pada Artikel kali ini yang berjudul Pin digital arduino, kami berusaha mempersiapkan artikel ini dengan sebaik baiknya untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. Semoga isi postingan Artikel Arduino, yang kami tulis ini dapat dengan mudah anda pahami. baiklah, selamat membaca.



Judul : Pin digital arduino
link : Pin digital arduino

Baca juga


Pin digital arduino

Pada tutorial kali ini kita akan belajar tentang konsep digital input output pada Arduino dan bagaimana menggunakan pin digital untuk input dan output nilai digital.
Semua pin pada Arduino, baik pin digital maupun pin analog, dapat digunakan sebagai pin digital. Digital berarti sinyal yang dikirimkan/diterima bernilai 1 atau 0, on atau off, HIGH atau LOW, ada atau tidak ada sinyal.  Berbeda dengan sinyal analog yang nilainya bersifat kontinyu, yakni nilai antara 0 dan 1 dipertimbangkan.
 Pin digital berarti pin dapat menerima/mengirim sinyal digital.


Secara umum pin pada Arduino dapat dikonfigurasi ke dalam dua mode, yaitu mode input dan output. Mode input berarti mengeset pin agar dapat digunakan untuk menerima masukan sinyal. Mode output berarti mengeset pin agar dapat mengirimkan sinyal. Untuk mengeset mode pin, kita gunakan fungsi

pinMode()

Fungsi diatasi biasanya dipanggil di dalam fungsi

setup()

fungsi diatas memerlukan dua parameter, yaitu

pinMode([nomorPin], [mode]).

Parameter pertama diisi oleh nomor pin, dan parameter kedua diisi oleh konstanta INPUT atau OUTPUT, sesuai dengan mode yang ingin kita gunakan. Sebagai contoh, lihat pada kode berikut.

void setup()
{
  pinMode(1, INPUT);
     // set pin 1 sebagai pin input
  pinMode(2, OUTPUT);
    // set pin 2 sebagai pin output
}


Digital Input 

Pada dasarnya semua pin yang ada pada Arduino (ATMega) berada pada mode input secara default.
Jadi ketika kita ingin menggunakan suatu pin sebagai input, maka kita tidak mesti menuliskan

pinMode(nomorPin, INPUT);


Untuk menerima input digital yang masuk ke pin, kita gunakan fungsi

digitalRead(nomorPin);

Fungsi ini menerima satu parameter, yaitu nomor pin mana yang akan dibaca nilai inputnya.

 Fungsi ini akan memperhitungkan nilai 1 dan 0, atau HIGH dan LOW (HIGH adalah konstanta dengan nilai 1 dan LOW adalah konstanta dengan nilai 0).
logoblog

Tidak ada komentar:

Posting Komentar